CIANJUR, METROJABAR.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mencatat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan layanan Kereta Api Siliwangi selama masa libur panjang Idul Adha 1446 H. Selama periode 6 hari masa libur, yaitu tanggal 5 Juni hingga 10 Juni 2025, terpantau ada 4.523 pelanggan menggunakan KA Siliwangi untuk bepergian dari Stasiun Cianjur.
Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo mengatakan, “KA Siliwangi menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Cianjur dan sekitarnya karena aksesibilitasnya yang tinggi serta waktu tempuh yang kompetitif dibandingkan moda transportasi darat lainnya. Antusiasme pelanggan selama libur Idul Adha tahun ini sangat terlihat dengan jumlah pelanggan yang tinggi,” jelas Kuswardojo.
KA Siliwangi yang melayani rute Cipatat – Sukabumi pulang-pergi (PP) ini menjadi primadona masyarakat karena menawarkan moda transportasi yang nyaman, murah, dan bebas macet. Tingginya jumlah pelanggan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan KA Siliwangi yang terus konsisten memberikan pelayanan terbaik, khususnya dalam mengakomodasi kebutuhan mobilitas masyarakat selama libur hari besar keagamaan.
Tercatat pada Minggu (8/6) selama 6 hari masa libur Idul Adha ini, total sebanyak 26.217 pelanggan telah memiliki tiket KA Siliwangi untuk bepergian dari dan menuju wilayah Kabupaten Cianjur. Dari total tersebut sebanyak 13.244 pelanggan berangkat dari seluruh stasiun di wilayah Kabupaten Cianjur dan 12.973 pelanggan datang ke stasiun wilayah Kabupaten Cianjur. Sementara itu keberangkatan dari Stasiun Cianjur tercatat sebanyak 4.523 pengguna KA yang telah memiliki tiket keberangkatan dari tanggal 5 juni hingga 10 Juni 2025.
KAI Daop 2 Bandung terus berkomitmen untuk menjaga pelayanan prima dengan memastikan keamanan, ketepatan waktu, serta kebersihan seluruh rangkaian KA. Penyiagaan petugas pelayanan di stasiun dan di dalam kereta juga dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik selama libur panjang.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanannya kepada Kereta Api Indonesia. Kami akan terus melakukan evaluasi dan peningkatan layanan agar transportasi kereta api semakin menjadi pilihan utama masyarakat,” tambah Kuswardojo.
KAI Daop 2 Bandung mengimbau masyarakat yang akan bepergian dengan KA untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, serta channel resmi lainnya agar mendapatkan kepastian tempat duduk.***
Editor : Agus Kusmayadi
Sumber Berita : Lipsus